Manfaat Zat Magnesium Untuk Tubuh - Fungsi Mineral Magnesium

Advertisement
Manfaat Zat Magnesium Untuk Tubuh - Fungsi Mineral Magnesium

Melihat pada manfaat kesehatan dari Mineral Magnesium (Mg) dan perannya dalam tubuh manusia. Zat Magnesium atau mineral Mg Juga Dikenal sebagai mineral, Magnesium Askorbat, aspartat, Karbonat, glukonat, Oksida dan Sulfat


Tentang Mineral Magnesium (Mg)


Magnesium adalah mineral logam putih yang banyak ditemukan di alam, dan tubuh manusia mengandung sekitar satu ons zat magnesium, terutama di tulang dan otot. mineral Magnesium banyak ditemukan dalam kedua sumber makanan nabati dan hewani, Namun tanaman menyediakan lebih  kaya sumber mineral magnesium. Ini mungkin salah satu mineral anti-penuaan yang paling penting, dan magnesium sangat penting untuk penyerapan kalsium dan vitamin C, serta membantu metabolisme fosfor, natrium, dan kalium.

Secara keseluruhan, magnesium membantu mengubah gula darah menjadi energi juga diperlukan untuk fungsi saraf yang efektif dan otot. Magnesium juga sering disebut sebagai mineral anti-stres. Banyak orang kekurangan mineral ini karena ketergantungan pada makanan instan, olahan. karena zat magnesium sangat mudah terkuras oleh stres, beberapa penyakit dan obat-obatan, dan aktivitas fisik yang intens. Peminum alkohol juga biasanya kekurangan mineral ini, karena mineral magnesium ini sangat kontra dengan Alkohol.


Fungsi Dan Peran Magnesium Untuk Tubuh

Magnesium adalah mineral penting yang meningkatkan kesehatan, ini karena zat Mg meningkatkan sekitar 300 enzim yang berhubungan dengan proses. Mineral ini mengubah gula darah menjadi energi, memfasilitasi saraf yang efektif dan fungsi otot (transmisi impuls antara sel-sel saraf dan sel otot), dan terlibat dalam pembentukan tulang dan gigi. Magnesium (bersama dengan kalsium dan kalium) mengatur detak jantung, pembekuan darah, dan membantu tubuh dalam memproduksi dan menggunakan insulin. Peran magnesium sebagai kofaktor dalam pemanfaatan kalsium sangat penting, karena tanpa itu enzim yang memfasilitasi bagian kalsium melintasi membran sel gagal untuk bertindak, sehingga tidak baik kekurangan kalsium dan magnesium.


Manfaat Mineral Magnesium untuk Kesehatan:

  • Untuk saraf dan fungsi otot
  • Untuk konversi gula darah menjadi energi
  • Untuk anti-stres dan depresi
  • Untuk tekanan darah, penghambat bekuan darah  arteri
  • Untuk sistem kardiovaskular
  • Untuk obat penenang alami bersama dengan kalsium
  • Untuk PMS dan fibromyalgia
  • Untuk pencegahan endapan kalsium, batu ginjal, dan batu empedu
  • Untuk pencernaan
  • Untuk relaksasi otot
  • Untuk sistem pernapasan dan Asma


Sumber Makanan Yang Kaya Zat Magnesium Dari Alam

Biji-bijian, kacang-kacangan, sayuran berdaun gelap, kerang, buah ara, lemon, jeruk, jagung kuning, almond,apel, lentil, kacang split, Tempe, kacang polong,kacang tanah, kacang mete, nasi, gandum, tauge, bayam, daun Kelor,susu, keju cheddar, keju, ayam dan daging sapi.

Pedoman Penggunaan Magnesium

RDA untuk magnesium adalah 280-350 mg dan jumlah yang direkomendasikan berkisar 300-450 mg. Toksisitas jarang terjadi pada dosis tinggi karena usus otomatis menurunkan penyerapan dengan konsumsi lebih tinggi dari magnesium, dan ginjal mengeluarkan jumlah berlebih dengan pesat.

Efek samping yang paling umum dari magnesium terlalu banyak adalah diare atau mual, meskipun efek samping parah kesulitan kelemahan otot, lesu, bingung dan pernapasan dapat terjadi. Kekurangan magnesium dapat menyebabkan gejala kejang otot, denyut jantung tidak teratur, kejang, kebingungan, mudah marah, gugup, dan perubahan kepribadian. Konsumsi magnesium dengan makanan untuk penyerapan terbaik.


Fakta Magnesium Hanya untuk Tujuan Informasi Saja

Pembaca tidak harus menggunakan informasi ini untuk diagnosis diri sendiri atau pengobatan mandiri, tetapi harus selalu berkonsultasi dengan medis  profesional  mengenai masalah medis dan sebelum melakukan perubahan pola makan. Informasi ini tidak dimaksudkan untuk menggantikan nasihat kesehatan atau medis Profesional.



Advertisement

0 komentar:

Poskan Komentar