Apa Ikan Yang Aman Di Konsumsi Wanita Hamil?

Advertisement

Ketika wanita sedang hamil,  Mengkonsumsi banyak makanan bergizi sangat penting  untuk kesehatan ibu dan bayi dalam kandungan. Termasuk mengkonsumsi ikan adalah pilihan tepat untuk meningkatkan kebutuhan gizi demi kesehatan bayi dalam dalam kandungan. Ini karena semua yang di konsumsi ibu hamil, sangat mempengaruhi perkembangan bayi  dan kesehatan bayi.


Beberapa pilihan yang logis, seperti makan banyak buah-buahan, sayuran dan tidak mengkonsumsi alkohol dari diet Anda. Tapi bagaimana dengan makan ikan atau seafood? Ketika wanita sedang hamil konsumsi ikan laut ada yang memiliki efek negatif untuk kesehatan bayi,  berdasarkan peneliti memberikan laporan Acak.

Apa hubungan antara kehamilan dan ikan?

Seafood atau ikan laut adalah menjadi sumber penting untuk kebutuhan protein dan zat besi , ini adalah nutrisi penting untuk pertumbuhan bayi dan perkembangan-nya. Selain itu, asam lemak omega-3 yang terdapat dalam ikan mampu meningkatkan berbagai perkembangan otak bayi dalam kandungan.

Tetapi ada beberapa jenis ikan laut  yang besar memiliki efek negatif untuk ibu hamil, ikan predator seperti hiu, todak, king mackerel dan tilefish, ikan ini diduga mengandung kadar merkuri yang cukup tinggi. Meskipun kadar merkuri dalam seafood bukanlah masalah bagi kebanyakan orang dewasa, namun demi tindakan pencegahan khusus, berlaku jika wanita sedang hamil atau akan merencanakan untuk hamil.

Menurut penelitian Jika wanita hamil atau sebelum hamil secara teratur makan ikan dengan kadar tinggi merkuri, substansi dapat menumpuk dalam aliran darah dari waktu ke waktu. Pada gilirannya, merkuri yang terlalu banyak dalam aliran darah bisa merusak otak bayi atau mengembangkan dalam sistem saraf.

Berapa banyak Konsumsi Ikan yang direkomendasikan?

Berdasarkan rekomendasi FDA dan Environmental Protection Agency (EPA) mengatakan wanita hamil dengan aman bisa makan ikan sampai dengan 12 ons (340 gram) dalam seminggu. Demikian pula, Dietary Guidelines for Americans 2010 merekomendasikan 8 sampai 12 ons makan ikan atau Seafood dalam seminggu untuk wanita hamil atau sekitar dua kali porsi rata-rata.

Namun Banyak dari penelitian tidak setuju dengan batas-batas ini, bagaimanapun, mengutip sebuah studi yang mencatat tidak ada efek negatif bagi perempuan yang makan makanan laut yang rendah kadar merkuri lebih dari yang disetujui  pedoman FDA.

Ikan Apa saja yang aman untuk dimakan Ibu Hamil?

Pilihlah makanan laut (seafood) atau ikan yang memiliki kadar rendah merkuri, seperti:

  • Udang
  • Kepiting
  • Ikan salmon
  • Ikan lele
  • Ikan kod
  • Ikan Nila


Tuna kalengan mungkin merupakan pilihan yang baik, tuna putih,steak tuna tidak lebih dari 6 ons, atau 170 gram, seminggu. Namun untuk mengetahui lebih jelas tentang kebutuhan atau konsumsi ikan sebaiknya hubungi ahli nutrisi dan kandungan anda.

Advertisement

0 komentar:

Poskan Komentar