Manfaat Selenium Untuk Kesehatan - Fungsi Mineral Selenium Untuk Tubuh

Advertisement
Manfaat Selenium (Se) Untuk Kesehatan - Selenium adalah mineral dan nutrisi penting untuk melawan penyakit seperti kanker dan penyakit jantung. Selenium adalah sinergis dengan vitamin E, yang berarti bahwa keduanya bekerja sama-sama kuat. Keduanya adalah antioksidan kuat yang membantu mencegah atau memperlambat penuaan dan pengerasan jaringan melalui oksidasi. mineral selenium ini penting untuk banyak fungsi tubuh dan dapat ditemukan di setiap sel tubuh, yang terutama pada ginjal, hati, limpa, pankreas, dan testis. Pada laki-laki, setengah dari selenium tubuh berkonsentrasi di testis dan bagian dari saluran sperma atau sekitar kelenjar prostat.


Fungsi Dan Peran Selenium Dalam Tubuh



Selenium bekerja sebagai antioksidan dengan glutation peroksidase untuk mencegah kerusakan yang diakibatkan radikal bebas. Selenium terlibat dalam metabolisme prostaglandin (hormon seperti zat) yang digunakan oleh tubuh dalam berbagai cara. Selenium mendetoksifikasi logam beracun yang hadir dalam tubuh seperti arsen dan merkuri.





Manfaat Kesehatan dari mineral Selenium

  • Untuk sifat antioksidan
  • Untuk anti-inflamasi
  • Untuk elastisitas jaringan
  • Untuk katarak dan degenerasi makula
  • Untuk pencegahan kanker
  • Untuk sistem kardiovaskular yang sehat
  • Untuk menopause dan masalah lainnya
  • Untuk infeksi virus, herpes zoster
  • Untuk netralisasi tertentu karsinogen
  • Untuk ketombe
  • Untuk bantuan gejala lupus
  • Untuk produksi sperma dan dorongan seksual pria
  • Untuk arthritis


Sumber makanan Yang Kaya Mineral Selenium (Se)

Lobster, ikan tuna, udang, kerang, ikan, ikan haring, hati, telur,daging sapi,ayam, domba,  kacang, gandum, beras merah, bawang putih, brokoli, gandum, biji-bijian, jamur, buah anggur merah , dan biji wijen


Kebutuhan Mineral Selenium Harian

Kebutuhan harian Selenium adalah 55-70 mcg, dan rekomendasi termasuk 50-200 mcg. Selenium dapat menjadi racun dalam dosis tinggi, tetapi untuk jangka pendek rekomendasi pemakaian 300-600 mcg, dan untuk dosis penggunaan waktu yang lama sebaiknya tidak lebih dari 300-400 mcg per hari.

Gejala keracunan dapat berupa kegelisahan, depresi, mual, muntah, napas bau bawang putih , berkeringat tanpa sebab, rontok rambut dan kuku, kulit berubah warna, kelemahan, dan kerusakan hati. Meskipun kekurangan mineral ini jarang terjadi, kekurangan selenium dapat berkontribusi terhadap perkembangan kanker dan penyakit jantung, masalah kekebalan tubuh, kondisi peradangan sebagian besar dari masalah kesehatan kulit, kelemahan otot dan kelelahan.


Fakta selenium (Se) ini hanya untuk Tujuan informasi Saja

Pembaca tidak harus menggunakan informasi ini untuk diagnosis diri sendiri atau untuk pengobatan mandiri, tetapi harus berkonsultasi dengan dokter mengenai masalah medis dan sebelum melakukan perubahan pola makan. Informasi ini tidak dimaksudkan untuk menggantikan nasihat medis profesional.



Advertisement

0 komentar:

Poskan Komentar