Apakah Makanan Bergizi Mencegah Kanker?

Advertisement

Apakah Makanan Bergizi Mencegah Kanker?

Manfaat Setelah makan makanan yang  bergizi membuktikan mampu menurunkan kolesterol, mencegah penyakit jantung, diabetes, dan meminimalkan kenaikan berat badan. Namun, belum terbukti apakah makanan bergizi dapat mencegah penyakit seperti kanker? karena para ilmuwan masih mencoba untuk memahami peran antioksidan dan radikal bebas. Pada dasarnya, antioksidan perisai sel dari radikal bebas yang merusak sel, mungkin perlindungan itu juga mengarah ke kanker.




Sejumlah penelitian telah mengungkap bahwa mengkonsumsi makanan tinggi antioksidan bisa memperbaiki kerusakan sel yang di sebabkan oleh radikal bebas, sehingga antioksidan diyakini mampu menurunkan risiko kanker. Baru-baru beberapa penelitian telah menunjukkan bukti meyakinkan, namun penelitian masih berlangsung, dan hasil di masa mendatang mungkin lebih konkrit. Sementara itu, mengkonsumsi makanan yang tinggi antioksidan tidak berbahaya bagi tubuh kita, ini adalah investasi kesehatan untuk masa depan.

Mendapatkan Antioksidan Melalui Buah dan Sayuran aneka warna

Antioksidan banyak ditemukan dalam buah dan sayuran, dan berbagai warna buah atau sayuran dinyatakan memiliki manfaat yang berbeda-beda.  Buah atau sayuran yang memilik warna sama memberikan nutrisi pembasmi jenis kanker yang sama. Maka, yang terbaik adalah untuk makan berbagai jenis Buah dan Sayuran aneka warna, karena satu jenis antioksidan tidak dapat melawan semua kanker. Selain itu, berbagai Buah dan Sayuran aneka warna juga akan menyediakan berbagai macam vitamin dan mineral.

Lycopene Terdapat Dalam sayur Dan Buah Berwarna Merah

Buah dan sayuran yang berwarna merah mengandung lycopene, yang dapat membantu mencegah kanker, tetapi juga baik bagi kesehatan jantung dan memori. Lycopene sangat banyak ditemui pada Buah dan sayuran yang memiliki warna merah seperti: semangka, tomat, stroberi, anggur merah, ceri, apel merah, cranberry, jeruk, delima, raspberry, bit, paprika merah, dan bawang merah. kacang pinto juga dianggap merah dan memberikan manfaat yang sama. terlebih untuk buah merah khas papua, di yakini memiliki kandungan Lycopene sangat tinggi.

Beta-carotene, Karotenoid, dan Vitamin C terdapat pada Buah dan Sayuran warna oranye

Beta-karoten adalah antioksidan yang lainnya,  Beta-karoten ini banyak ditemukan dalam Buah dan Sayuran yang berwarna oranye seperti wortel, buah melon, kentang manis, buah pepayabuah kesemek, labu, aprikot, dan buah mangga.

Buah dan sayuran warna oranye dan kuning juga mengandung karotenoid dan termasuk makanan seperti nektarin, jeruk, nanas, lemon, labu kuning, jagung, paprika kuning, dan butternut squash. Buah dan sayuran warna oranye dan kuning juga memiliki vitamin C yang membantu sistem kekebalan tubuh Anda.

Lutein dan Indole terdapat pada Buah dan Sayuran hijau 

Buah dan Sayuran hijau mengandung lutein (baik untuk mata) dan indoles sangat diyakini mampu mengurangi juga mencegah resiko penyakit kanker, Lutein dan Indole juga meningkatkan tulang dan gigi yang kuat. Contoh Buah dan Sayuran hijau yang mengandung Lutein dan Indole adalah sayur brokoli, bayam, alpukat, kubis Brussel, apel hijau, anggur hijau, zaitun hijau, melon hijau, kiwi, jeruk nipis, pir hijau, ketimun, seledri, selada, bawang hijau, okra, kacang polong, kacang hijau, asparagus, artichoke, arugula dan zucchini. Beberapa kacang-kacangan seperti kacang hijau dan edamame juga merupakan sumber yang baik Lutein dan Indole. Selain itu, sayuran berdaun hijau, seperti kangkung, daun kelor, dan bayam memiliki beta-karoten.

Antioksidan terdapat dalam Buah dan Sayuran yang berwarna Biru/Ungu 

Antioksidan, anthocyanin dan fenolat sering ditemukan dalam Buah dan Sayuran dengan warna biru / ungu. Selain itu, antioksidan dapat membantu fungsi memori. Contoh Buah dan Sayuran tinggi antioksidan anthocyanin dan fenolat: buah blackberry, blueberry, buah zaitun hitam, plum, kismis, anggur ungu, terong ungu, dan kubis ungu. Kacang hitam, kedelai hitam juga termasuk dalam kategori Antioksidan, anthocyanin dan fenolat ini.

Makan Makanan Kaya Vitamin

Selain itu, mengkonsumsi makanan tinggi Vitamin A, Vitamin C, dan Vitamin E juga dapat bermanfaat bagi kesehatan Anda. Makanan tinggi Vitamin A meliputi hati, ubi jalar, susu, dan kuning telur. Contoh makanan yang tinggi vitamin C meliputi sebagian buah dan sayuran, vitamin E ditemukan terutama di kacang-kacangan dan minyak zaitun.

Secara keseluruhan, menggabungkan makan Buah dan Sayuran aneka warna untuk memiliki beberapa keuntungan. Selain mamapu mencegah kanker, makanan bergizi juga baik untuk jantung ,dan semua Indra, sistem kekebalan tubuh, dan kita memiliki hidup yang sehat.

Demikian Bahasan "Apakah Makanan Bergizi Mencegah Kanker?" Semoga membawa manfaat dan pengetahuan untuk kita semua, Jika ada yang kurang Mohon Koreksi. SALAM



Advertisement
loading...

0 komentar:

Posting Komentar