Cara Minum Air Yang Efektif Saat Berolahraga

Advertisement
Cara Minum Air Yang Efektif Saat Berolahraga

Jika Anda berencana melakukan berolahraga secara teratur, Anda perlu tahu bagaimana cara untuk minum air secara efektif agar mencegah tubuh Anda dari dehidrasi. Air minum sangat penting bagi siapa saja yang bekerja berat atau berolahraga, karena air sangat baik membantu membersihkan tubuh kita dari racun yang dilepaskan dari otot-otot selama kita melakukan aktivitas yang berat.
Air minum juga membantu mengisi tubuh kembali dari jumlah keringat yang dilepaskan selama aktivitas.

Otot-otot Anda bisa mengalami dehidrasi dan mulai kram jika Anda tidak minum air yang cukup. Yang harus dilakukan, Anda tidak harus menunggu sampai benar-benar telah selesai bekerja atau berolahraga untuk mendapatkan air minum. Ada tiga waktu yang harus diperhatikan  ketika kita akan minum air, sebelum,saat dan setelah berolahraga.



Cara Minum Air sebelum Berolahraga


Menunggu sampai Anda benar-benar telah siap beraktivitas untuk minum air adalah kesalahan besar. Tak satu pun dari air yang Anda minum ketika akan memulai berolahraga, membuatnya tidak sampai ke dalam sistem tubuh. Air yang kita minum tidak cukup cepat untuk diproses oleh tubuh. Sebaliknya, Anda perlu minum air dua sampai tiga jam sebelum mulai aktivitas, ini untuk tubuh kita agar bisa mamproses air yang kita minum. Hal ini memberikan banyak waktu tubuh kita untuk mendapatkan terhidrasi dan mempersiapkan diri untuk aktivitas yang akan di mulai. Jadi, ketika kita mulai berkeringat di awal latihan, semua air yang sebenarnya dari cadangan yang telah diproses sebelumnya.

Cara Minum Air saat Berolahraga


Setelah Kita terhidrasi sebelum melakukan olahraga, kita seharusnya memastikan bahwa tubuh kita tetap terhidrasi sambil berolahraga. Saat kita mulai berkeringat, air yang telah kita minum sebelum berolahraga akan hilang secara berkala sesuai aktifitas yang dilakukan. Oleh karena itu, kita perlu memastikan bahwa minum sekitar 250 ml air untuk setiap 10 menit saat melakukan aktivitas berat. Itu tidak berarti bahwa kitaa harus berhenti setiap 10 menit untuk minum.

Anda bisa minum selama menjalankan aktivitas jika sudah telah harus, ini untuk mendapatkan  kembali cukup air ke dalam sistem tubuh. Hindari meneguk air dalam jumlah besar, dan menghindari minum air terlalu banyak meskipun saat istirahat. jika Anda minum air terlalu banyak saat berolahraga, ini mungkin menyebabkan perut merasa kenyang dan melukai latihan. Sebaliknya, secara bertahap minum air selama berolahraga , karena air lebih cepat diserap ke dalam sistem tubuh jika dalam jumlah yang tepat. Ini adalah cara yang paling efektif untuk minum air sewaktu berolahraga.


Cara Minum Air setelah Berolahraga


Setelah kita selesai berolahraga, tubuh kita masih membutuhkan air untuk mengembalikan cairan yang hilang selama aktivitas. tindakan ini harus dilakukan untuk membantu tubuh kembali segar, Anda perlu minum banyak sesudah berolahraga. Selain air minum, kita harus mencoba untuk minum minuman yang mengandung elektrolit, seperti saat kehilangan banyak cairan tubuh sewaktu berolahraga. pastikan bahwa kita harus membantu proses penyembuhan otot dan tetap terhidrasi di kemudian hari. Dan lagi, pastikan Anda minum air dingin untuk membantu masuk ke sistem tubuh dengan cepat.

Minum banyak air adalah hal terbaik yang dapat kita lakukan untuk tubuh agar selalu sehat. jika anda berencana untuk berolahraga secara teratur. Dengan tetap terhidrasi, kita akan selalu melindungi organ-organ internal dan mencegah otot dari kerusakan oleh dehidrasi. Jadi jika Anda berencana untuk berolahraga secara efektif di masa depan, pastikan bahwa minum air yang cukup sebelum, saat dan setelah berolahraga.




Advertisement
loading...

1 komentar: