Fakta Tentang Lemak Baik Dan Lemak Jahat

Advertisement

Fakta Tentang Lemak Baik Dan Lemak Jahat

Kebanyakan orang mungkin menyadari bahwa lemak adalah "buruk" untuk Kesehatan. Makanan yang tinggi lemak terbukti menimbulkan banyak masalah terhadap kesehatan, termasuk penyakit jantung, kolesterol tinggi, dan berat badan. Namun, tidak semua lemak buruk bagi kesehatan. Ada berbagai jenis macam lemak: jenuh, trans, tak jenuh ganda, dan tak jenuh tunggal. Kuncinya adalah memahami mana lemak yang baik untuk kesehatan dan mana yang berbahaya bagi kesehatan.



Label nutrisi selalu memiliki daftar kandungan total lemak dalam produk dan masalah lemak di pecah menjadi lemak jenuh dan trans yang ditemukan dalam satu porsi. Kedua lemak ini tidak sehat dan dapat menyumbat arteri, menyebabkan penyakit jantung dan kolesterol tinggi. Secara khusus, lemak trans dapat meningkatkan kolesterol  "buruk"  dalam tubuh (dokter menyebutnya LDL, kependekan dari "low-density lipoprotein") dan lemak trans ini menurunkan "Lemak baik"  atau HDL, ("high-density lipoprotein").

kolesterol dapat menyebabkan stroke dan penyakit arteri koroner (membatasi suplai darah ke jantung ). Fakta Di Amerika Serikat, jika ada kurang dari .5 g lemak trans dalam satu porsi, dapat terdaftar sebagai 0g pada label nutrisi. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui lemak trans di bagian label, biasanya terdaftar sebagai minyak terhidrogenasi parsial. Secara ilmiah, lemak trans diperoleh dengan menambahkan hidrogen ke minyak. Proses ini memungkinkan makanan untuk bertahan lebih lama. Contoh makanan yang mengandung lemak trans itu , kue, pie, biskuit, kentang goreng dan margarin. "The American Heart Association" merekomendasikan membatasi asupan lemak trans menjadi kurang dari 2 gram per hari.

Lemak jenuh juga mempengaruhi kadar kolesterol tubuh dengan meningkatkan kadar kolesterol "jahat" (LDL), ini akan meningkatkan risiko penyakit jantung. Satu-satunya berita baik adalah bahwa lemak jenuh tercantum pada label nutrisi, sehingga lebih mudah untuk mengidentifikasi makanan yang mungkin ingin kita batasi dari diet. Serupa dengan lemak trans, lemak jenuh yang ditemukan dalam makanan junk, cookies, cheesecake, dan makanan cepat saji, seperti kentang goreng dan hamburger. Lemak jenuh juga terutama terlihat pada produk hewani, seperti daging dan steak. Untuk menghindari lemak jenuh, sangat penting untuk membatasi konsumsi daging merah, dan untuk tetap mendapat protein seperti ayam atau ikan, buah,sayuran dan sebaiknya untuk mencukupi protein sebaiknya beralih ke protein Nabati yaitu produk turunan kedelai seperti tempe, tahu, susu kedelai dll.

Lemak yang baik adalah lemak tak jenuh, poli dan mono. Lemak ini sebenarnya baik untuk jantung dan dapat membantu menurunkan kolesterol. Kedua lemak ini tidak terdaftar pada  fakta label nutrisi. Oleh karena itu, untuk menentukan jumlah total "lemak baik"  (polyunsaturated dan monounsaturated) dalam makanan, untuk mengurangi lemak jenuh dan trans dari total lemak.

Lemak monosaturated, selain untuk meningkatkan kadar HDL, dapat membantu penderita diabetes, dengan cara meningkatkan kontrol glukosa dan insulin. Lemak tak jenuh ganda juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung karena mengandung omega-3 dan omega-6 asam lemak. Omega-3 asam lemak, biasanya ditemukan pada ikan, telah terbukti mengurangi penyakit arteri koroner, membantu menurunkan kadar tekanan darah yang lebih rendah, dan mengurangi "kolesterol buruk"   (LDL). Selain itu, meningkatkan fungsi sel otak.

Tubuh tidak dapat memproduksi asam lemak omega-3 atau omega-6, sehingga sangat penting untuk memperoleh makanan yang mengandung lemak ini. Contohnya ikan berlemak (salmon), kacang-kacangan dan biji-bijian. Lemak tak jenuh juga dapat ditemukan dalam zaitun, canola, minyak kedelai, alpukat, dan selai kacang. Semua minyak harus digunakan untuk menumis, mengasinkan, atau sekedar membasahi wajan goreng, Cobalah untuk menghindari menggoreng dengan banyak minyak. Lemak padat cenderung memiliki lemak jenuh, sementara lemak cair (seperti minyak) memiliki lebih banyak lemak tak jenuh.

Singkatnya, semua lemak harus dibatasi konsumsi-nya, jumlah yang lebih tinggi dari lemak tak jenuh ganda dan tak jenuh tunggal mungkin bermanfaat bagi jantung dan kadar kolesterol. Namun Perlu diketahui  bahwa semua lemak memiliki 9 kalori per gram, sehingga makanan dengan lemak tinggi kalori juga harus dihitung jika kita peduli masalah berat badan. Ketika memilih lemak, yang bertujuan untuk jantung sehat: tak jenuh ganda dan tak jenuh tunggal, dan membatasi asupan lemak jenuh dan lemak trans.

demikian Bahasan Tentang "Fakta Tentang Lemak Baik Dan Lemak Jahat" semoga membawa manfaat dan pengetahuan untuk kita semua, jika ada yang kurang mohon koreksi. SALAM



Advertisement
loading...

0 komentar:

Posting Komentar