Manfaat Buncis Bagi Kesehatan

Advertisement

Manfaat Buncis Bagi Kesehatan

Kacang Buncis, Memiliki sebutan ilmiah Phaseolus vulgaris L, kata Buncis sebenarnya menurut (wikipedia) adalah berasal dari bahasa belanda "boontjes" yang sudah diserap dalam bahasa indonesia menjadi Buncis atau ada yg menyebutnya kacang buncis. Tumbuhan ini adalah tumbuhan perdu musiman dan masih kerabat Leguminosae. Buncis adalah diduga tumbuhan asli daratan Asia, yang kemudian banyak dibudidayakan oleh orang Mesir, Romawi dan Yunani.

Tanaman Buncis

Kacang buncis mampu tumbuh dan memiliki panjang rata-rata sekitar 10-15 cm. di mana didalam tersimpan benih ditutupi dengan kulit. yang tergantung pada varietas memiliki warna cenderung hijau. buncis sangat tumbuh bagus pada daerah berketinggian atau pegunungan yang berhawa dingin. Kacang buncis yang lebih cocok untuk dijadikan sayuran, soup dll

Kandungan Yang bermanfaat Pada Buncis

Kacang Buncis terdiri dari air 80%, karbohidrat 12%, protein 5,5%, dan persentase sisanya dibagi antara serat dan abu, dan ditemui juga kalsium mineral, fosfor, kalium natrium,zat besi, magnesium, seng dan selenium.

Beberapa vitamin yang terdapat pada Buncis antara lain B1, B2, B3, B5 dan B6 juga terdapat vitamin C, selain itu asam amino hadir dalam kacang buncis untuk persentase yang lebih besar: asam aspartat, asam glutamat, alanin, arginin, leusin, tirosin, treonin, triptofan dan valin.

Khasiat Buncis Sebagai Obat


Sayur Buncis


Sebagai pengetahuan kita, Kacang buncis adalah memiliki sedikit kalori, tetapi masih dengan nilai gizi yang tinggi, jadi sangat cocok untuk memerangi anemia.

Berdasarkan penelitian, Dalam biji segar buncis adalah asam amino yang disebut L-dopa, yang dikatakan memiliki khasiat untuk meningkatkan konsentrasi dopamin di otak, dan zat ini hadir juga di beberapa obat yang digunakan untuk pengobatan penyakit Parkinson. Beberapa orang berpendapat bahwa efek menguntungkan dari kacang buncis pada Parkinson bertahan lebih lama dibandingkan dengan obat-obatan kimia.

Terdapat-nya serat makanan yang berlimpah meningkatkan aktivitas usus berkontribusi terhadap penghapusan racun dan limbah dalam tubuh, vitamin C sebagai gantinya, serta untuk melindungi tubuh dari penyakit juga, yang sangat memungkinkan penyerapan zat besi yang terkandung dalam biji buncis itu sendiri.

Kacang Buncis dan favism

Namun Sayangnya menurut hasil studi, untuk beberapa individu yang rentan, konsumsi kacang buncis, bisa sangat berbahaya, karena ada sebagian orang yang karena memiliki penyakit bawaan tidak dalam kepemilikan suatu enzim yang diperlukan untuk menetralkan efek berbahaya dari zat tertentu yang terdapat pada kacang buncis. Patologi ini disebut favism dan, tergantung pada tingkat keparahannya, dapat menyebabkan masalah serius bahkan di hadapan kacang yang luas.

Umumnya gejala favism didiagnosis pada usia dini, tapi ini juga dapat terjadi pada usia lanjut, enzim yang menyebabkan defisiensi disebut G6PD favism  dan ketiadaan menyebabkan stres oksidatif dalam sel darah merah.

Kandungan Kalori Buncis dan Biji Buncis

Kacang buncis segar menyediakan 71 kalori per 100 gram, sementara biji kacang buncis kering menyediakan 305 kalori/100 gram.

Demikianlah Bahasan Kita Tentang "Manfaat Buncis Bagi Kesehatan", semoga bermanfaat Bagi kita. SALAM



Advertisement
loading...

0 komentar:

Posting Komentar