5 MANFAAT KALSIUM UNTUK KESEHATAN

Advertisement
FUNGSI KALSIUM KAYA MANFAAT UNTUK KESEHATAN

Kalsium atau Ca adalah mineral penting yang berperan dalam tubuh kita, Fungsi kalsium adalah memperkuat tulang dan gigi, tetapi mineral ini juga sangat baik membangun tulang yang signifikan, selain itu kesehatan kalsium juga termasuk manajemen berat badan dan menangkal PMS. Jadi kita tidak boleh melupakan manfaat kesehatan dari kalsium yang akan memperkuat tulang kita dan manfaat kesehatan yang lainnya.

KALSIUM ADALAH KEBUTUHAN KESEHATAN HARIAN


Menurut Cathy R. Kessenich, DSN, ARNP, dalam sebuah studi tentang kalsium alternatif untuk suplemen diterbitkan dalam Jurnal Praktisi Perawat, mengatakan tubuh manusia tidak dapat memproduksi dalam jumlah yang cukup kalsium.

"Kalsium hilang setiap hari melalui rambut, kulit, kuku, urin, keringat, dan feses kalsium yang hilang harus segera diganti. Atau tubuh kita akan mengambil kalsium dari tulang untuk melakukan fungsi lain."

Asupan harian kalsium yang cukup sangat penting untuk tulang kuat dan gigi kita, serta kesehatan tubuh kita secara keseluruhan. Berapa banyak kalsium yang kita butuhkan?

Ini adalah kebutuhan mineral kalsium  harian yang direkomendasikan (RDA):

  1. Anak-anak (usia 1-3): 500 miligram per hari
  2. Anak-anak (usia 4-8): 800 miligram per hari
  3. Remaja (usia 9-18): 1300 miligram per hari
  4. Dewasa (usia 19-50): 1000 miligram per hari
  5. Dewasa (usia 51 atau lebih tua): 1200 miligram per hari


MAKANAN SUMBER KALSIUM

  • Yoghurt  8 ons = 415 miligram Kalsium
  • Sarden, 3 ons = 325 miligram Kalsium
  • Keju cheddar, diparut, 1,5 ons = 306 miligram Kalsium
  • Susu, 8 ons = 300 miligram Kalsium
  • Jus jeruk dengan kalsium, 8 ons = 300 miligram Kalsium
  • Biji wijen, 1 ons = 280 miligram Kalsium
  • Tempe, 3 ons = 279 miligram Kalsium
  • Bayam, dimasak, 1/2 cangkir = 145 miligram Kalsium
  • Ikan Tuna, tulang disertakan, 3 ons = 181 miligram Kalsium


5 MANFAAT KALSIUM UNTUK KESEHATAN 

1 - Kalsium di tulang untuk mencegah osteoporosis

Apakah anda Tau?: Kalsium sangat penting untuk tulang dan gigi yang kuat, mineral kalsium itu sangat penting bagi anak-anak dan dewasa untuk tulang sehat dan kuat. Penyerapan kalsium dan perkembangan tulang pada puncaknya sampai dengan usia 20, dan kemudian menurun pada sekitar usia 30 ketika proses pengeringan dimulai. Asupan kalsium yang cukup, ditambah dengan asupan vitamin D sangat tepat, secara signifikan dapat meningkatkan massa tulang pada pertumbuhan Anak dan dewasa,Kalsium atau Ca dapat menghambat serta mengurangi tulang keropos sewaktu proses penuaan.

2 - Kalsium akan membuat Anda langsing dan Ramping

Selama beberapa tahun terakhir, Mineral kalsium telah mendapatkan perhatian karena dampaknya pelangsing pada metabolisme. Dalam bukunya editor-in-chief David Zinczenko mengatakan The Diet Abs untuk Wanita dan Kesehatan Pria , "Sudah waktunya untuk susu menerima peran sebagai kendaraan untuk menurunkan berat badan." Penelitian menunjukkan bahwa kalsium dapat mencegah kenaikan berat badan karena meningkatkan lebih banyak lemak untuk dibakar dan sedikit lemak untuk disimpan. Para ahli menyarankan tiga gelas susu setiap hari, sementara juga mengurangi kalori di daerah lain dari diet Anda untuk mengakomodasi peningkatan asupan susu Anda.

3 - Mencegah PMS dengan Konsumsi kalsium

Dr Susan Thys-Jacobs, endocrinologist yang menciptakan suplemen Premcal PMS, mengatakan, "Jika wanita tidak mengkonsumsi kalsium yang cukup dan vitamin D, hormon yang mengatur kalsium bereaksi negatif dengan estrogen dan progesteron PMS akan memicu gejala." Para ahli PMS merekomendasikan asupan harian dari 1000 miligram kalsium dan 1000 sampai 2000 unit vitamin D.

4 - Kalsium dapat memerangi kanker

Diet kaya antioksidan yang sehat telah disebut-sebut sebagai pencegahan kanker, tetapi penelitian menunjukkan bahwa asupan kalsium yang cukup juga dapat menangkal kolorektal, ovarium, dan kanker payudara. namun, karena beberapa penelitian menyimpulkan bahwa dosis tinggi kalsium (melalui suplemen) dapat meningkatkan risiko kanker prostat. The National Cancer Institute tidak merekomendasikan suplemen kalsium sebagai sarana untuk mencegah kanker, tetapi meningkatkan asupan kalsium yang cukup melalui sumber makanan sangat baik.

5 - Kalsium adalah Penting untuk Jantung selalu sehat 

Penelitian yang baru mendukung asupan kalsium yang cukup sebagai sarana untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan hipertensi. Meskipun 99 persen dari kalsium dalam tubuh berada dalam tulang dan gigi, satu persen sisanya memainkan peran penting dalam fungsi tubuh lainnya, seperti transmisi saraf dan fungsi otot. Dan ke 2 jantung dan pembuluh darah yang diinervasi oleh sistem saraf. Kekurangan kalsium dapat menyebabkan masalah jantung, serta tekanan darah tinggi.

Peringatan: Terlalu banyak konsumsi suplemen kalsium, di atas dari dosis 2.000 miligram atau lebih, telah dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung, sehingga mengandalkan kalsium dari sumber makanan untuk kesehatan jantung sangat penting.



Advertisement
loading...

0 komentar:

Posting Komentar