7 Tips Meringankan Sakit punggung selama kehamilan

Advertisement
Tips Meringankan Sakit punggung saat Hamil - Nyeri punggung selama kehamilan memang tidak mengherankan dan sudah banyak di derita wanita hamil, tetapi masih perlu perhatian. Namun Pertimbangkan 7 cara untuk meredakan sakit punggung selama kehamilan, jaga dari postur yang baik dan aktivitas fisik untuk terapi komplementer.


Nyeri punggung selama kehamilan adalah keluhan umum ibu hamil, dan hal ini tidak mengherankan. Ini karena Ibu hamil sedang mendapatkan berat badan tambahan, wanita hamil berjalan dengan cara yang baru, dan hormon mengendurkan otot-otot juga ligamen di seluruh tubuh wanita hamil. Ketika wanita Hamil harus sanggup menahan beban yang semakin membesar, mengobati atau mencegah sakit punggung selama kehamilan. Disini ada tujuh cara untuk meringankan nyeri punggung saat hamil.



1 - Praktik Postur Tubuh Yang Baik

Saat bayi Dalam kandungan sedang tumbuh, pusat gravitasi bergeser ke depan. Untuk menghindari jatuh ke depan, wanita hamil dapat mengimbanginya dengan posisi bersandar  yang dapat membantu peregangan otot-otot di punggung bawah dan berkontribusi untuk sakit punggung selama kehamilan. Masukkan prinsip-prinsip postur tubuh yang baik:

  • Berdiri dengan tegak.
  • Tahan dada tinggi.
  • Jaga posisi bahu dengan santai.
  • Jangan mengunci lutut Anda.

Ketika Anda berdiri, gunakan postur dan sikap nyaman serta luas untuk menyangga dengan baik. jangan berdiri terlalu lama atau berdiri untuk jangka waktu yang panjang, gunakan waktu untuk sering istirahat.

Postur tubuh yang baik termasuk duduk dengan hati-hati. Pilihlah kursi yang bisa menyangga punggung Anda, atau menempatkan bantal kecil di belakang punggung bawah. Jaga punggung bagian atas dan posisi leher lurus nyaman. Pertimbangkan untuk menopang kaki Anda dengan bangku rendah.

2 - Dapatkan Pakaian yang tepat

Kenakan sepatu dengan hak rendah dengan lengkungan yang baik. Kenakan celana hamil dengan pinggang, rendah untuk menopang atau mendukung perut dengan baik. Anda mungkin juga mempertimbangkan untuk mengenakan sabuk penopang hamil. Meskipun penelitian tentang efektivitas sabuk penopang hamil terbatas, beberapa wanita mungkin membutuhkan penopang tambahan untuk membantu.

3 - Angkat dengan benar

Lakukan dengan Tepat ketika mengangkat selama kehamilan, Ketika mengangkat benda kecil, lakukan dengan jongkok, Jangan menekuk pinggang. Ini juga penting untuk mengetahui batas Anda. Memintalah bantuan jika Anda membutuhkannya.

4 - Biasakan Tidur Miring

Tidur Miring adalah pilihan tepat bagi ibu hamil, jangan tidur terlentang karena posisi terlentang bisa meningkatkan nyeri punggung bagi ibu hamil. hindarai menekuk lutut ketika tidur. Hal ini juga dapat membantu untuk meringankan nyeri punggung, menempatkan  bantal di antara lutut Anda dan satu di bawah perut Anda, atau menggunakan bantal guling.

5 - Cobalah pijatan hangat

Gunakan bantal pemanas untuk menerapkan panas ke punggung, kompres dengan Hangat. Menggosok punggung Anda dengan sesuatau yang bisa meringankan nyeri mungkin juga dapat membantu. Lebih baik lagi, mintalah suami untuk menggosok punggung Anda atau Anda bisa melakukan ahli pijat kehamilan profesional.

6 - Sertakan aktivitas fisik dalam rutinitas harian Anda

Aktivitas fisik yang teratur dapat menjaga punggung wanita hamil agar kuat ini adalah tindakan yang benar-benar dapat meredakan sakit punggung selama kehamilan. Mintalah saran dengan dokter kandungan anda aktifitas fisik apa yang cocok untuk anda. Atau cobalah kegiatan ringan, seperti berjalan atau senaman ringan. Anda mungkin juga perlu senaman untuk meregangkan punggung bawah. Tanyakan dengan dokter atau pusat kesehatan tentang latihan peregangan yang tepat untuk anda.

7 - Pertimbangkan terapi komplementer

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa akupunktur dapat membantu meringankan sakit punggung selama kehamilan. Pengobatan chiropractic tampaknya memberikan kenyamanan bagi beberapa wanita juga. Jika Anda sedang mempertimbangkan terapi komplementer, mendiskusikan pilihan dengan dokter Anda terlebih dahulu. Dia mungkin bisa mengkonfirmasi bahwa nyeri punggung Anda tidak disebabkan oleh kondisi yang mendasarinya.

Tahu kapan harus berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan Anda

Namun secara umum, nyeri punggung selama kehamilan bukanlah sesuatu yang harus di abaikan. Hubungi penyedia layanan kesehatan jika sakit punggung Anda sering anda rasakan dan bahkan membuat anda kurang nyaman. Obat seperti acetaminophen (Tylenol) tidak selalu keluar dari pertanyaan, tetapi penting untuk memeriksa dengan penyedia layanan kesehatan Anda terlebih dahulu.

Juga, perlu diingat bahwa sakit dan nyeri punggung ketika hamil, mungkin menjadi tanda kelahiran prematur, biasanya sakit nyeri parah atau sakit punggung yang disertai dengan perdarahan vagina ini bisa mengindikasikan masalah mendasar yang membutuhkan perhatian segera. Jika Anda khawatir tentang sakit punggung selama kehamilan, hubungi dokter dan penyedia layanan kesehatan segera. (mayoclinic)

Advertisement
loading...

0 komentar:

Posting Komentar