Kafein: Berapa Banyak Kafein Yang Harus Di konsumsi??

Advertisement
Kafein: Berapa Banyak Kafein Yang Harus Di konsumsi Setiap Hari??

Kafein memiliki Manfaat, tetapi dapat menimbulkan masalah, juga jika kita kelebihan konsumsi kafein. Cari tahu berapa banyak untuk konsumsi kafein harian kita. Jika Anda mengandalkan kafein untuk membangunkan semangat! Anda dan bisa membuat merasa lebih baik, Anda tidak sendirian. Kafein merangsang sistem saraf pusat, mengurangi kelelahan, meningkatkan semangat, meningkatkan konsentrasi dan selalu fokus.



Untuk orang dewasa yang sehat dosis moderat kafein - 200 hingga 300 miligram (mg), atau sekitar dua sampai empat cangkir minum kopi/hari - tidak berbahaya. Tapi beberapa situasi mungkin rawan untuk membatasi atau bahkan menghentikan konsumsi kafein.

Jika minum 4  cangkir Kopi atau lebih sehari

Meskipun asupan kafein moderat tidak mungkin menyebabkan kerugian, terlalu banyak dapat menyebabkan beberapa efek yang tidak menyenangkan. Penggunaan kafein berat per hari lebih dari 500 sampai 600 mg per hari - dapat menyebabkan:

  • Insomnia
  • Gugup
  • Kegelisahan
  • Sifat lekas marah
  • Sakit perut
  • Detak jantung Cepat 
  • Tremor Otot 
  • Bahkan sedikit membuat Anda gelisah


Beberapa orang lebih sensitif terhadap kafein dibanding orang yang tidak sensitif. Jika Anda sensitif terhadap efek kafein, hanya konsumsi jumlah kecil - bahkan satu cangkir kopi atau teh - dapat mendorong efek yang tidak diinginkan, seperti kegelisahan dan masalah tidur.

Bagaimana Anda bereaksi terhadap kafein dapat ditentukan sebagian oleh berapa banyak kafein yang biasa diminum. Orang yang tidak teratur minum kafein cenderung lebih sensitif terhadap efek negatif kafein. Faktor-faktor lain mungkin termasuk massa tubuh, usia, penggunaan obat dan kondisi kesehatan seperti gangguan gelisah dan kecemasan. Penelitian juga menunjukkan bahwa pria lebih rentan terhadap efek kafein daripada wanita.


Efek Kafein: Anda tidak mendapatkan tidur yang cukup

Kebanyakan orang dewasa normal, membutuhkan tujuh hingga delapan jam tidur setiap hari. Tapi kafein dapat mengganggu tidur yang sangat dibutuhkan tubuh. istirahat yang cukup atau tidur yang cukup bisa hilang oleh beberapa faktor, apakah itu dari stres kerja, perjalanan atau kafein yang terlalu banyak efeknya menghasilkan kurang tidur. Kurang tidur adalah kumulatif, dan bahkan akan menurunkan dan mengganggu kewaspadaan kita pada waktu kerja.

Menggunakan kafein untuk menutupi kurang tidur dapat membuat siklus yang tidak diinginkan. Misalnya, Anda minum minuman berkafein karena Anda memiliki kesulitan untuk tetap terjaga di siang hari. Tetapi kafein membuat Anda memiliki waktu tidur semakin pendek dan mempengaruhi lamanya waktu Anda tidur.

Efek Obat Tertentu Dan Suplemen Dengan Kafein

Obat tertentu dan suplemen herbal dapat berinteraksi dengan kafein. Berikut adalah beberapa contoh.

Beberapa antibiotik. Ciprofloxacin (Cipro), dan norfloksasin (Noroxin) - jenis obat antibakteri - dapat mengganggu pemecahan kafein. Hal ini dapat meningkatkan panjang waktu kafein tetap berada di tubuh Anda dan memperkuat efek yang tidak diinginkan nya.

Teofilin (Theo-24, Eliksofilin). Obat ini - yang membuka saluran udara bronkus dengan relaksasi otot-otot sekitar pernafasan (bronkodilator) - cenderung memiliki beberapa efek kafein seperti. Mengambil bersama dengan makanan dan minuman berkafein dapat meningkatkan konsentrasi teofilin dalam darah Anda. Hal ini dapat menyebabkan efek samping, seperti mual, muntah, dan jantung berdebar-debar.
Echinacea suplemen herbal ini, yang kadang-kadang digunakan untuk mencegah pilek atau infeksi lainnya, dapat meningkatkan konsentrasi kafein dalam darah dan dapat meningkatkan efek kafein yang tidak menyenangkan.

Konsultasilah dengan dokter atau apoteker tentang apakah kafein dapat mempengaruhi obat Anda, jika anda penggemar kafein. dokter dan apoteker dapat mengetahui, apakah Anda perlu mengurangi atau menghentikan konsumsi kafein.

Membatasi kebiasaan kafein Anda

Apakah itu untuk salah satu alasan di atas - atau karena Anda hanya ingin memangkas pengeluaran Anda pada minuman kopi-kopi yang mahal. Namun mengurangi dan menghentikan kafein memiliki tantangan jika anda seorang penggemar berat kafein. penghentian mendadak konsumsi kafein dapat menyebabkan gejala penarikan kafein seperti sakit kepala, lekas marah, kelelahan, dan kegelisahan. Untungnya, gejala ini biasanya ringan dan sembuh setelah beberapa hari.

Untuk mengubah kebiasaan kafein Anda lebih secara bertahap, cobalah tips ini:

Kurangi konsumsi kafein Tapi melakukannya secara bertahap. Misalnya, dalam sehari anda bisa menghabiskan 6 - 8 cangkir kopi sehari, kurangi hanya 4-5 cangkir sehari. minum hanya satu kaleng minuman soda setiap hari atau hentikan saja. Atau menghindari minum minuman berkafein 4 jam menjelang tidur. Hal ini akan membantu tubuh Anda terbiasa dengan kadar yang lebih rendah kafein dan mengurangi efek penarikan potensial.

Hindari Pagi anda dari kafein, perbanyak minuman tanpa kafein namun terlihat dan rasa yang mirip seperti rekan-rekan mereka yang berkafein.

Ganti minuman kafein dengan minuman herbal yang non kafein. Ketika membuat teh,  pertimbangkan juga kandungan kafeinnya. Atau memilih teh herbal yang tidak memiliki kafein.

Intinya, Jika Anda seperti kebanyakan orang dewasa lainnya, kafein merupakan bagian dari rutinitas harian Anda. Dan yang paling sering tidak menimbulkan masalah kesehatan. Tapi berhati-hati dan waspada dari situasi di mana Anda perlu untuk mengurangi kebiasaan konsumsi kafein untuk kesehatan.



Advertisement
loading...

0 komentar:

Posting Komentar