Cara Memilih Ikan Konsumsi Untuk Ibu Hamil?

Advertisement

kehamilan dan ikan - Ketika wanita sedang hamil harus mengetahui tentang apa dampak makanan terhadap bayi dalam kandungan. Termasuk dalam hal memilih ikan untuk konsumsi saat hamil perlu juga dipertimbangkan, Karena apa yang dimakan ibu hamil sangat berdampak bagi janin dalam kandungan. Untuk tindakan pencegahan dan demi kesehatan bayi Pertimbangkan tindakan pencegahan sebagai berikut:


Hindari untuk mengkonsumsi ikan-ikan besar, termasuk ikan predator. Untuk mengurangi paparan terhadap merkuri, Jangan makan ikan hiu, ikan todak, king mackerel atau tilefish.

Hindari makan ikan mentah dan kerang. Untuk menghindari resiko menelan bakteri berbahaya atau virus, sebaiknya menghindari untuk makan ikan mentah dan kerang terutama tiram mentah, mungkin juga sangat baik untuk mengetahui dari perairan mana ikan tersebut di tangkap apakah perairan habitat ikan tercemar. Seafood panggang atau ikan asap juga kurang baik untuk ibu hamil.

Memahami tentang ikan lokal. Jika Anda makan ikan dari perairan lokal, tentu anda mengetahui sedikit banyak tentang kondisi perairan lokal tercemar atau tidak. Ikan yang terkontaminasi dengan polutan kimia berpotensi membahayakan bayi yang sedang berkembang dalam kandungan.

Masak Ikan dengan benar. Masak ikan yang baiki adalah pada kisaran suhu internal adalah 63 derajat Celcius (145 F ). Masak udang, lobster dan kerang sampai warna mereka berubah putih susu. Masak kerang dan tiram sampai cangkang mereka benar-benar terbuka. Buang kerang yang tidak terbuka cangkang-nya.

Apakah suplemen minyak ikan lebih aman daripada ikan segar?

Sementara beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsi suplemen minyak ikan selama kehamilan dapat meningkatkan koordinasi tangan dan mata bayi mereka, temuan awal dan penelitian lainnya tidak mendukung hubungan antara suplemen minyak ikan dan kognitif lebih baik atau perkembangan bahasa pada anak-anak. Keamanan suplemen minyak ikan selama kehamilan juga belum dibentuk. Studi lebih lanjut diperlukan sebelum suplemen minyak ikan dapat secara rutin dianjurkan selama kehamilan.

Apakah ada cara lain untuk mendapatkan omega-3 asam lemak?

Sebagian besar penelitian tentang kehamilan dan omega-3 asam lemak berfokus pada makanan laut atau suplemen minyak ikan. Sumber-sumber lain dari omega-3 asam lemak - seperti minyak biji rami, minyak canola, minyak kedelai dan kenari dapat menjadi bagian dari diet yang sehat juga. Namun, para peneliti belum menentukan apakah omega-3 asam lemak dari sumber nabati dapat meningkatkan perkembangan otak janin.

Apa intinya?

Meskipun merkuri dapat membahayakan perkembangan otak bayi, makan dalam jumlah rata-rata makanan laut yang mengandung kadar merkuri rendah selama kehamilan belum terbukti menimbulkan masalah. Dan omega-3 asam lemak dalam berbagai jenis ikan - terutama salmon dan tuna dapat meningkatkan perkembangan kognitif yang sehat. Selama Anda menghindari konsumsi ikan yang telah diketahui memiliki kadar merkuri yang tinggi seperti  ikan hiu, ikan todak, king mackerel dan tilefish atau ikan terkontaminasi dengan polutan, maka kondisi anda masih aman untuk konsumsi ikan secara rutin selama kehamilan.

Advertisement
loading...

1 komentar:

  1. Terima kasih anda telah memberikan kesempatan untuk berkomentar. Artikel anda sangat bagus. Semoga bermanfaat untuk semua

    BalasHapus