Gizi Untuk Kehamilan: Dasar Makanan Sehat Saat Hamil

Advertisement
Gizi Untuk Kehamilan - Makan makanan yang sehat selama kehamilan adalah salah satu hal terbaik yang dapat dilakukan untuk ibu hamil dan bayi dalam kandungan. Setelah apa yang ibu hamil makan semua,  adalah sumber utama gizi (nutrisi) bagi bayi. Pilihan makanan ibu cerdas tentang nutrisi kehamilan dapat membantu mendorong pertumbuhan dan perkembangan  bayi.


Kebutuhan nutrisi untuk wanita hamil memang berbeda-beda tergantung dari usia. Untuk wanita usia 25 tahun dan untuk wanita hamil yang memiliki usia lebih tua, yang mungkin memiliki kelebihan berat badan, atau latihan fisik yang lebih atau kurang intens, kebutuhan gizi Anda mungkin berbeda. Untuk mengetahui kebutuhan yang tepat, konsultasilah dengan ahli nutrisi atau dokter kandungan anda.

Namun secara umum makanan sehat untuk ibu hamil adalah sangat penting untuk kecukupan makanan seperti, Biji-bijian, sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan daging serta produk susu. Makanan ini adalah untuk kebutuhan ibu dan bayi dalam kandungan.

Biji-bijian: menyediakan karbohidrat penting, sumber utama energi untuk tubuh. Banyak pilihan produk yang berbahan dasar biji-bijian seperti, beras merah, gandum dan produk makanan yang diperkaya juga dengan serat, zat besi, vitamin B, berbagai mineral dan sejumlah protein. Makanan yang terbuat dari beras merah mungkin pilihan yang baik atau sereal oat dapat membantu Anda untuk mendapatkan asam folat yang cukup.

Apa yang harus di makan: Pastikan setidaknya setengah porsi makanan anda adalah dari biji-bijian. Jika itu terdengar seperti banyak, jangan khawatir. Ini mungkin tidak sebanyak yang Anda pikirkan. Anda bisa mendapatkan sebagian besar dari biji-bijian hari Anda dengan bubur beras merah atau semangkok sereal oat Dll.

Untuk mengoptimalkan Nutrisi kehamilan, mungkin produk organik seperti sereal manis dan roti tawar, sereal gandum, beras merah, juga roti gandum. Cobalah nasi yang terbuat dari beras merah atau salad. Carilah produk yang mencantumkan biji-bijian, seperti tepung gandum utuh dll.

Buah-buahan dan sayuran

Buah-buahan dan sayuran merupakan komponen penting dari nutrisi kehamilan, karena mereka memberikan berbagai vitamin dan mineral, serta serat untuk membantu pencernaan. Vitamin C, banyak ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran, fungsinya untuk membantu menyerap zat besi dan meningkatkan gusi sehat bagi ibu dan bayi dalam kandungan. Sayuran hijau gelap memiliki vitamin A, zat besi dan folat adalah nutrisi penting lainnya selama kehamilan seperti bayam, kangkung dan daun katuk atau daun kelor.

Apa yang perlu di konsumsi: Jika Anda bosan buah apel, jeruk dan kacang hijau. Cobalah aprikot, mangga, ubi jalar, labu atau bayam sangat baik. cobalah cemilan dengan berbagai buah kering seperti anggur kering dll. Minum jus, juga baik tapi ingat bahwa jus terlalu banyak dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang tidak diinginkan.

Daging, unggas, ikan, telur dan kacang-kacangan

Makanan dalam kelompok ini memiliki banyak protein, serta vitamin B dan zat besi. Protein sangat penting untuk pertumbuhan bayi Anda, khususnya selama trimester kedua dan ketiga. Namun untuk berbagai alasan dengan kesehatan ibu hamil cobalah untuk beralih dari protein hewani kepada protein nabati, semisal produk turunan kedelai tempe, tahu, susu kedelai dll.

Jika kebutuhan sumber-sumber protein tradisional tidak lagi menarik bagi Anda - kemungkinan selama trimester pertama, cobalah dengan pilihan lain. Ikan merupakan sumber protein yang sangat baik serta kaya omega-3 asam lemak, yang dapat meningkatkan perkembangan otak bayi Anda. Hindari konsumsi ikan yang berpotensi tinggi merkuri, yang mungkin termasuk ikan todak, mackerel, atau ikan hiu.

Produk susu

Kalsium sangat banyak dalam produk susu namun pilihan yang bijak adalah kalsium dari  susu kedelai yang sangat baik membantu membangun pertumbuhan tulang bayi. Produk susu kedelai juga memiliki vitamin D dan protein.

Namun mencoba pilihan lain juga perlu jika anda memiliki rasa bosan, seperti Makan yoghurt untuk camilan sore Anda. Minum susu dalam mangkuk sereal, minum segelas susu skim saat makan malam. Tambahkan keju rendah lemak untuk salad.

Sekali lagi untuk memahami apa saja kebutuhan nutrisi untuk wanita hamil, cobalah konsultasi dengan ahli nutrisi dan dokter kandungan anda. Mungkin Kebutuhan tiap wanita hamil berbeda-beda tergantung latar belakang yang mendasari-nya termasuk masalah kesehatan ibu hamil.
Advertisement
loading...

0 komentar:

Posting Komentar