Manfaat Zat Tembaga Untuk Kesehatan - Fungsi Mineral (Cu) Bagi Tubuh

Advertisement
Manfaat Zat Tembaga Untuk Kesehatan - Fungsi Mineral (Cu) Bagi Tubuh

Manfaat kesehatan dari zat tembaga (Cu) termasuk untuk pertumbuhan yang tepat, pemanfaatan zat besi, reaksi enzimatik, jaringan ikat rambut, mata, penuaan, dan produksi energi. Selain itu zat tembaga (Cu) untuk mengatur detak jantung, kelenjar tiroid, arthritis, penyembuhan luka. Pembentukan RBC dan kolesterol, Fungsi lainnya dari zat tembaga (Cu) Cooper.

Fungsi Mineral Tembaga Untuk Tubuh



Fungsi Zat tembaga sangat penting untuk kehidupan yang sehat, karena mineral ini memungkinkan proses metabolisme normal dalam hubungan dengan asam amino dan vitamin. Zat Tembaga tidak dapat diproduksi dalam tubuh dan karenanya perlu di pasok dari sumber pangan. Cu atau cooper adalah mineral yang paling umum ketiga dalam tubuh dan sebagian besar dilakukan oleh protein plasma darah, seruloplasmin. Untuk menikmati manfaat kesehatan dari zat tembaga, itu harus di cukupi dari pasokan makanan.

Gejala kekurangan Zat tembaga dalam tubuh dapat menimbulkan masalah sebagai berikut:

  • Anemia
  • Suhu Tubuh Rendah 
  • Masalah tulang
  • Osteoporosis
  • Vena Melebar
  • Jumlah sel darah putih yang rendah 
  • Detak jantung tidak Normal
  • Peningkatan kadar kolesterol
  • Rendah resistensi terhadap infeksi
  • Cacat lahir
  • Pigmentasi kulit rendah 
  • Gangguan tiroid

Beberapa gejala lain termasuk lesu, pucat, luka, edema, pertumbuhan terhambat, rambut rontok, anoreksia, diare, pendarahan di bawah kulit dan dermatitis. Pada bayi laki-laki, mewarisi defisiensi sindrom Menkes tembaga namun jarang terjadi, yang mana penyerapan alami dari zat tembaga oleh tubuh menjadi sulit. Intervensi medis awal sangat penting dalam masalah tersebut.

Sumber Makanan Yang Kaya Zat Tembaga (Cu)

Zat Tembaga terdapat dalam berbagai sumber makanan seperti seafood hati,daging, kacang-kacangan, biji-bijian utuh tepung kedelai, dedak gandum, almond, alpukat, barley, bawang putih, kacang, gandum,bit, dan lentil. Zat Tembaga juga bisa didapat tubuh manusia dengan minum air dari pipa tembaga dan dengan menggunakan peralatan tembaga untuk memasak. Tiram adalah sumber terkaya zat tembaga. Kadar zat tembaga bisa hilang karena lama menyimpan dalam kaleng dan oleh bahan makanan yang tinggi kandungan asam.


Manfaat Mineral (Cu) Tembaga Untuk Kesehatan 

Zat Tembaga memiliki banyak peran penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan beberapa manfaatnya antara lain:

Arthritis: Manfaat kesehatan dari zat tembaga sangat berhubungan dengan anti-inflamasi, tindakan untuk membantu mengurangi gejala radang sendi. gelang tembaga serta aksesoris lainnya bisa untuk menyembuhkan penyakit ini. Tembaga juga bekerja sebagai obat alami untuk arthritis, air yang  disimpan dalam wadah tembaga selama semalam akan terakumulasi jejak zat tembaga yang bermanfaat untuk memperkuat sistem otot.

Pertumbuhan yang tepat: Zat Tembaga sangat penting bagi pertumbuhan normal dan kesehatan. Dengan demikian, sudah pasti penting untuk memasukkan mineral dalam bentuk yang seimbang dalam diet teratur. Hal ini membantu dalam perlindungan sistem tulang, saraf dan kardiovaskular.

Pigmentasi pada rambut dan mata: Tembaga merupakan unsur penting dari melanin gelap alami, pigmen, yang menanamkan warna kulit, rambut, dan mata. Melanin dapat diproduksi oleh melanosit hanya dengan cuproenzyme disebut tyrosinase. Asupan suplemen tembaga membantu dalam melindungi rambut beruban.

Jaringan ikat: Tembaga adalah nutrisi penting yang memiliki peran penting dalam sintesis hemoglobin, mielin, melanin pigmen tubuh dan kolagen. Ini membantu untuk melindungi selubung mielin yang mengelilingi saraf. Zat tembaga ini juga aktif terlibat dalam produksi unsur jaringan ikat, elastin.

Stimulasi Otak: Mineral Tembaga secara luas dikenal sebagai stimulan otak. Hal ini juga dinyatakan sebagai "Brain food". Namun, Kandungan zat tembaga dalam makanan harus dalam proporsi yang tepat. Terlalu banyak zat tembaga juga tidak sehat bagi otak. mineral ini memiliki fungsi kontrol untuk otak dan karenanya tingkat asupan suplemen tembaga harus seimbang.

Pemanfaatan zat besi dan gula: Tembaga membantu dalam penyerapan zat besi dari saluran usus dan melepaskan dari daerah utama penyimpanan seperti hati. Hal ini juga membantu dalam pemanfaatan gula dalam tubuh.

Reaksi enzimatik: Zat Tembaga merupakan salah satu elemen atau kofaktor dari sebanyak 50 enzim berbeda yang mengambil bagian dalam berbagai reaksi biologis dalam tubuh. Enzim ini dapat berfungsi dengan baik hanya dengan Zat tembaga (Cu).

Membantu dalam menunda penuaan: Tembaga merupakan antioksidan yang kuat, yang bekerja dengan enzim antioksidan, dismutase superoksida, untuk melindungi membran sel dari radikal bebas.

Meningkatkan produksi energi: Mineral Tembaga sangat penting untuk sintesis adenosin trifosfat, yang merupakan gudang energi dalam tubuh manusia. cuproenzyme, sitokrom c oksidase, mempengaruhi produksi energi intraselular. Ini bertindak sebagai katalis dalam pengurangan oksigen molekul air, di mana enzim menghasilkan listrik yang digunakan oleh mitokondria untuk mensintesis molekul penyimpan energi vital, ATP.

Sifat bakterisida: Penelitian telah menunjukkan bahwa tembaga dapat menghancurkan atau menghambat pertumbuhan strain bakteri seperti E Coli.

Kelenjar tiroid: Zat Tembaga memiliki peran penting dalam memastikan berfungsinya kelenjar tiroid.

Formasi RBC: Tembaga membantu dalam produksi hemoglobin sel darah merah dan tulang.

Kekebalan: Zat Tembaga memiliki peran penting dalam proses penyembuhan dan dengan demikian, menjamin penyembuhan luka yang lebih cepat dan lebih baik. Tembaga bertindak sebagai pembangun kekebalan yang sangat baik. Ia juga bekerja sebagai obat untuk masalah anemia.

Mengurangi kolesterol: Menurut Studi penelitian telah menunjukkan bahwa tembaga dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dan membantu dalam meningkatkan kolesterol baik yang menguntungkan.



Advertisement
loading...

0 komentar:

Posting Komentar