Mineral Sodium: Kurangi Konsumsi Garam Anda sekarang!!

Advertisement
Mineral Sodium:  Kurangi Konsumsi Garam Anda sekarang!!

Garam atau sodium (Na) sangat penting namun kita harus mengkonsumsi dengan kadar yang tepat, agar tubuh kita selalu sehat. Cari tahu berapa banyak natrium yang benar-benar kita butuhkan perhari, apa makanan yang tinggi natrium, makanan yang harus dihindari, cara-cara untuk mempersiapkan dan menyajikan makanan tanpa menambahkan banyak garam atau natrium.


Anda sudah mencoba untuk kurangi makanan yang banyak mengandung garam atau natrium hanya sejumput atau seperlunya penambahan garam pada orak-arik telur Anda. Tapi sejumput di sini dapat dengan cepat menambahkan kadar yang tidak sehat, natrium dalam tubuh. yang harus kita Pertimbangkan bahwa satu sendok teh garam memiliki 2.325 miligram (mg) natrium. Dan jika  garam yang kita konsumsi dalam sehari sebanyak 2.325 mg tiada rasa khawatir tentang kelebihan natrium dalam tubuh. Namun, Makanan olahan dan makanan instant banyak yang mengandung tinggi natrium - dan makanan ini yang memberikan kontribusi kelebihan natrium dalam tubuh kita.

Jika Anda mengkonsumsi zat natrium jauh lebih banyak daripada yang disarankan, dan yang anda dapatkan adalah masalah kesehatan yang serius. Lihat bagaimana natrium menyelinap ke dalam makanan Anda dan cara terbaik adalah kurangi kebiasaan konsumsi garam berlebihan.

Garam Dapur (Mineral Sodium): Esensial dalam jumlah kecil

Tubuh Kita membutuhkan beberapa natrium agar tubuh berfungsi dengan baik karena Garam:

  • Membantu menjaga keseimbangan yang tepat dari cairan dalam tubuh kita
  • Membantu mengirimkan impuls saraf
  • Mempengaruhi kontraksi dan relaksasi otot

Ginjal kita secara alamiah menyeimbangkan jumlah natrium yang tersimpan dalam tubuh untuk kesehatan yang optimal. Bila kadar natrium dalam tubuh rendah, ginjal pada dasarnya berpegang pada natrium. Ketika kadar natrium tinggi, ginjal mengekskresikan kelebihan dalam urin.

Tetapi oleh karena alasan tertentu ginjal kita tidak dapat menghilangkan sodium dengan cukup baik, natrium mulai menumpuk di dalam darah kita. ini Karena natrium menarik dan menguasai air, maka  volume darah kita jadi meningkat. Dan jika Volume darah meningkat, ini membuat jantung akan bekerja lebih keras untuk memindahkan atau transfer lebih banyak darah melalui pembuluh darah, dengan demikian maka akan meningkatkan tekanan dalam arteri. Kondisi ini biasanya sangat berhubungan dengan Penyakit seperti gagal jantung kongestif, sirosis dan penyakit ginjal kronis, yang dapat membuat ginjal kita sulit untuk menjaga kadar natrium dalam tubuh yang seimbang.

Tubuh beberapa orang ada yang lebih sensitif terhadap efek natrium daripada yang lain. Jika Anda sensitif natrium, ini mempertahankan natrium dalam tubuh lebih mudah, yang menyebabkan retensi cairan dan tekanan darah meningkat. Jika ini menjadi kronis, dapat menyebabkan penyakit jantung, stroke, penyakit ginjal dan gagal jantung kongestif.

Berapa Banyak Kebutuhan Harian Konsumsi Garam?

Menurut Dietary Guidelines for Americans 2010, merekomendasikan untuk membatasi natrium kurang dari 2.300 mg per hari - atau 1.500 mg jika Anda berusia 51 atau lebih tua, atau jika Anda adalah memiliki Masalah Penyakit tekanan darah tinggi, diabetes atau penyakit ginjal kronis.

Perlu diingat bahwa menurut Dietary Guidelines for Americans 2010 ini adalah batas maksimal, dan kurang dari jumlah itu biasanya lebih baik, terutama jika Anda sensitif terhadap efek natrium. Jika Anda tidak yakin berapa banyak natrium dalam makanan kita, sebaiknya konsultasi dengan dokter Anda adalah cara terbaik agar selalu mendapat kesehatan yang prima.



Advertisement
loading...

2 komentar:

  1. Garam dapat menjadi ancaman kita.

    BalasHapus
  2. Bagi yang mencoba untuk mengurangi garam secara alami ada trik yang dapat dicoba. Trik tersebut seperti yang diungkapkan dalam artikel http://goo.gl/B4nnj6 bahwa dengan makan makanan yang dihidangkan hangat kita dapat mulai mengurangi konsumsi garam sehari-hari.

    BalasHapus