Serat Makanan: penting untuk diet sehat

Advertisement
Serat Makanan: penting untuk diet sehat


Serat Makanan sangat banyak memiliki manfaat untuk kesehatan, Makan lebih banyak serat. Anda mungkin pernah mendengar hal itu sebelumnya. Tapi apakah anda tahu mengapa serat sangat baik untuk kesehatan Anda?

Serat pangan - terutama ditemukan dalam buah-buahan, sayuran, biji-bijian dan kacang-kacangan yang paling dikenal karena kemampuannya untuk mencegah atau meringankan masalah sembelit. Tapi serat dapat memberikan manfaat kesehatan lainnya juga, seperti menurunkan risiko diabetes dan penyakit jantung.


Memilih makanan lezat yang menyediakan serat tidak sulit, Cari tahu berapa banyak serat yang Anda butuhkan, makanan yang mengandung serat dan bagaimana untuk menambahkan-nya ke makanan dan makanan ringan.

Apakah Serat Makanan Itu?

Serat makanan, meliputi semua bagian dari makanan nabati bahwa tubuh kita tidak bisa mencerna atau menyerap. Tidak seperti komponen makanan lainnya seperti lemak, protein atau karbohidrat yang bisa di cerna dan di serap oleh tubuh. berbeda dengan serat tidak dicerna oleh tubuh kita. Oleh karena itu, serat relatif utuh melalui perut Anda, usus kecil, usus besar dan keluar dari tubuh Anda. Ini mungkin tampak seperti serat makanan tidak berbuat banyak, tetapi memiliki beberapa peran penting dalam menjaga kesehatan.

Serat umumnya diklasifikasikan ke dalam 2 kategori: mereka yang tidak larut dalam air (serat tidak larut) dan yang larut dalam air (serat larut).

1 - Serat Tidak tercerna, Jenis serat meningkatkan gerakan material melalui sistem pencernaan Anda dan meningkatkan pencernaan makanan, sehingga dapat bermanfaat bagi mereka yang mengalami masalah sembelit atau fases tidak teratur. tepung terigu, dedak gandum, kacang-kacangan dan banyak sayuran merupakan sumber yang baik serat larut.

2 - Serat Dicerna, Jenis serat larut dalam air akan membentuk bahan seperti gel. Hal ini dapat membantu menurunkan kolesterol darah dan kadar glukosa. Serat larut ditemukan dalam gandum, kacang polong, kacang, apel, buah jeruk, wortel, barley dan psyllium.
Jumlah setiap jenis serat bervariasi dalam makanan nabati yang berbeda. Untuk mendapat manfaat kesehatan terbesar, makan berbagai macam makanan yang tinggi serat.

Manfaat dari Makanan tinggi serat

Makanan tinggi serat memiliki banyak manfaat, yang meliputi:

Menormalkan kerja usus. Serat pangan meningkatkan berat dan ukuran dari tinja dan melembutkan itu, ini berarti penurunan masalah sembelit. Jika Anda memiliki longgar, tinja berair, serat juga dapat membantu untuk memperkuat tinja menyerap air dan menambahkan massal untuk tinja. Bagi beberapa orang, serat dapat memberikan bantuan dari sindrom iritasi usus besar.

Serat makanan Membantu menjaga integritas usus dan kesehatan. makanan tinggi serat dapat menurunkan risiko berkembangnya wasir, dan kantong kecil di usus kita (penyakit divertikular). Beberapa serat difermentasi dalam usus besar, Para peneliti melihat bagaimana hal ini dapat berperan dalam mencegah penyakit usus besar.

Serat Pangan Menurunkan kadar kolesterol darah. Serat larut ditemukan dalam kacang-kacangan, gandum, biji rami, dan oat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah total dengan menurunkan low-density lipoprotein (LDL), atau kadar "Kolesterol buruk". Penelitian epidemiologi telah menunjukkan bahwa serat dalam makanan dapat mengurangi tekanan darah dan peradangan, yang juga pelindung untuk kesehatan jantung.

Serat juga sangat Membantu mengontrol kadar gula darah, khususnya serat larut, dapat memperlambat penyerapan gula, yang bagi penderita diabetes (kencing manis) dapat membantu meningkatkan kadar gula darah. Sebuah Makanan yang mencakup serat tidak larut telah dikaitkan dengan penurunan risiko diabetes tipe 2.

Manfaat serat makanan Membantu penurunan berat badan. Makanan tinggi serat umumnya memerlukan lebih banyak waktu mengunyah, yang memberikan waktu tubuh Anda untuk selalu kenyang dan rasa lapar bisa di tekan, sehingga Anda cenderung untuk menghindari makan berlebihan.  Makanan tinggi serat juga cenderung untuk membuat makanan terasa lebih banyak dan bertahan lama dalam perut, sehingga perut tetap penuh untuk jangka waktu lama. Makanan tinggi serat juga cenderung kurang "energi padat," yang berarti mereka memiliki lebih sedikit kalori untuk volume yang sama dari makanan.

Efek pada kanker kolorektal. Bukti bahwa serat makanan mengurangi risiko kanker kolorektal Menurut beberapa studi manfaat serat makanan sangat penting untuk menghambat risiko kanker kolorektal menunjukkan peningkatan. Jika Anda khawatir tentang mencegah kanker kolorektal, mengadopsi makanan tinggi serat dan tetap melakukan skrining kanker usus besar. Pengujian makanan berserat secara berkala untuk pengangkatan polip usus dapat mencegah kanker usus besar.

Berapa banyak serat yang Kita butuhkan?

Berapa banyak serat yang harus kita konsumsi setiap hari? Menurut National Academy of Sciences 'Institute of Medicine, memberikan saran mengenai masalah-masalah kedokteran dan kesehatan, memberikan rekomendasi serat harian untuk orang dewasa  berikut:

Usia 50 tahun Usia diatas 50 tahun
Pria, 38 gram serat /hari Pria,30 gram serat/hari
Wanita, 25 gram serat/hari Wanita, 21 gram serat/hari

Jika Anda tidak mendapatkan cukup serat makanan setiap hari, Anda mungkin perlu untuk meningkatkan asupan Anda. Pilihan yang baik meliputi:

  • Biji-bijian dan produk gandum
  • Buah-buahan
  • Sayur-sayuran
  • Kacang, kacang polong dan kacang-kacangan lainnya
  • Kacang-kacangan dan biji-bijian
Makanan olahan atau diproses - seperti buah-buahan dan sayuran kaleng, roti tawar dan pasta, sereal non gandum lebih rendah dalam kandungan serat. Proses pemurnian biji-bijian menghilangkan lapisan luar (bekatul,kulit ari) dari biji-bijian, yang menurunkan kadar serat nya. Demikian pula, menghilangkan kulit dari buah-buahan dan sayuran adalah menurunkan kadar serat mereka.

Seluruh makanan suplemen serat umumnya lebih baik. Serat suplemen - seperti Metamucil, Citrucel dan FiberCon - tidak memberikan vitamin, mineral dan nutrisi lainnya, yang menguntungkan hanya bantuan tambahan seperti yang dilakukan makanan kaya serat. Namun, beberapa orang mungkin masih membutuhkan suplemen serat jika pola makan tidak cukup serat, atau jika mereka memiliki kondisi medis tertentu seperti sembelit, diare atau sindrom iritasi usus besar. Selalu cek dengan dokter Anda jika Anda merasa perlu untuk mengambil suplemen serat untuk kesehatan.



Advertisement
loading...

0 komentar:

Posting Komentar